Kim Seonghyeon siap bersinar menghadapi para pegolf terbaik di dunia saat memulai AT&T Pebble Beach Pro-Am hari ini.

Masih dalam sukacita pernikahannya, pegolf Korea Kim Seonghyeon berniat untuk bersinar menghadapi para pegolf terbaik dunia pada ajang AT&T Pebble Beach Pro-Am. Turnamen pekan ini merupakan Signature Event kedua PGA TOUR musim ini dan memperebutkan total hadiah US$20 juta.

Pegolf berusia 25 tahun ini siap menjadi penantang dalam perburuan gelar kehormatan usai menuntaskan musim penuh pertamanya di sirkuit papan atas ini. Tahun lalu ia berhasil dua kali masuk sepuluh besar dengan tujuh kesempatan lainnya finis di 25 besar sehingga sukses mempertahankan kartu PGA TOUR-nya.

Meskipun tidak otomatis bisa mengikuti ajang Signature Event untuk musim 2024 ini, pegolf berbakat ini berhasil menyusup ke jajaran elite dan menjadi salah satu dari 80 pegolf yang bertanding pekan ini dengan menempati peringkat ketiga yang tersedia dari daftar poin FedExCup musim gugur tahun 2023 lalu.

”Ajang ini sangat istimewa buat saya,” ujar Kim. ”Saya berharap bisa main dengan siap dan memberi yang terbaik. Saya berharap bisa finis dengan skor yang bagus. Aspek keren dari bisa mengikuti ajang ini ialah saya bisa bermain dengan para pegolf berbakat ini dan bisa bertanding dengan mereka, yang membuat bisa berpartisipasi pada ajang ini menjadi lebih berarti lagi. Rasanya luar biasa dan saya akan tetap fokus sampai selesai.”

”Saya hanya perlu percaya pada diri sendiri, mempercayai pukulan-pukulan dan putting saya untuk bisa berada dalam posisi yang lebih baik.” — Kim Seonghyeon.

Skor-skor yang bagus jelas sangat dibutuhkan untuk bisa menghadapi para pemain top yang sudah berkumpul untuk turnamen ikonik ini. Ajang ini memang memiliki sejarah panjang yang bisa dirunut hingga tahun 1937. Jajaran para pemenangnya juga mengagumkan, termasuk Sam Snead, Ben Hogan, Jack Nicklaus, Tom Watson, dan Tiger Woods.

Para pemain bintang pekan ini termasuk rekan senegara Kim, Tom Kim, Im Sungjae, Kim Siwoo, dan An Byeonghun. Mereka akan bersaing dengan juara bertahan Justin Rose, serta No.1 Dunia Scotti Scheffler, Juara FedExCup 2023 Viktor Hovland, dan No.2 Dunia Rory McIlroy. McIlroy sendiri akan melakoni debutnya pada PGA TOUR musim ini setelah dua pekan lalu menjuarai Hero Dubai Desert Classic pada DP World Tour.

Kim, yang melakoni putaran latihannya bersama Kim Siwoo dan An, sangat yakin bahwa musim perdananya yang solid akan menjadi landasan baginya untuk bisa melakukan terobosan dengan menjuarai ajang PGA TOUR. ”Saya mendapat pengalaman dari melihat dan bermain di lapangan-lapangan golf di sini,” tutur pegolf yang finis T41 pada AT&T Pebble Beach Pro-Am tahun lalu ini. ”Rasanya saya lebih nyaman dan bisa menyiapkan rencana permainan untuk berbagai lapangan. Saya hanya perlu percaya pada diri sendiri, mempercayai pukulan-pukulan dan putting saya untuk bisa berada dalam posisi yang lebih baik.

”Kami memainkan Pebble Beach kemarin (Selasa) dan dengan cuaca dan pemandangan indah ke lautan, saya merasa nyaman. Tiap hole terlihat indah. Lapangan ini akan menjadi salah satu lapangan impian bagi setiap pegolf.

”Setelah jeda panjang usai ZOZO CHAMPIONSHIP (Oktober 2023), saya sempat jeda sebulan saat musim dingin dan menjadi sibuk karena pernikahan. Saya tidak bisa banyak berlatih, tapi sudah berlatih keras dan mengembalikan permainan saya lagi.”

”Signature Event memberi lebih bayak tekanan, yang membuat saya bisa fokus lebih baik.” — Im Sungjae.

Sementara itu, Im, yang kini berstatus No.29 Dunia, kembali ke Pebble Beach untuk pertama kalinya sejak 2019. Ia berniat untuk mengulangi penampilan memukaunya pada The Sentry di Hawaii, yang merupakan Signature Event pertama tahun ini. Saat itu ia finis T5 dan menorehkan rekor PGA TOUR yang baru dengan mencatatkan total 34 birdie dalam turnamen 72 hole.

”Saya merasa bangga dan nyaman memulai musim yang baru dengan rekor baru saya itu. Kalau bisa melakoni start dengan baik, saya akan merasa yakin sepanjang turnamen,” tutur Im, yang finis T25 pada The American Express, namun gagal lolos cut pada Farmers Insurance Open.

”Lapangan ini luar biasa, terutama berkat pemandangan alaminya. Ini juga ajang yang besar, Signature Event juga, jadi terasa sedikit berbeda. Dengan format baru dan hanya para pemain teratas dari klasemen FedExCup yang bisa mengikutinya, pola pikirnya pun akan berbeda. Signature Event memberi lebih bayak tekanan, yang membuat saya bisa fokus lebih baik.”

Turnamen ini akan dimainkan di dua lapangan, Pebble Beach Golf Links dan Spyglass Hill Golf Course, di mana para pegolf amatir akan bertanding bersama para pegolf profesional dalam dua putaran pertama. Kompetisi akan terbatas bagi para pegolf profesional dalam dua putaran terakhir. Selain itu, tidak akan ada cut-off setelah 36 hole.