Justin De Los Santos mengawali Panasonic Open di Hyogo dengan torehan skor 3-under 69.

Putaran pertama Panasonic Open, yang berlangsung di Onotoyo Golf Club hari ini seakan memberikan start yang ideal bagi pegolf berusia 27 tahun asal Filipina, Justin De Los Santos. Betapa tidak, ia langsung bermain 3-under di tiga hole pertamanya, yang dimulai dari hole 10 setelah berturut-turut menorehkan birdie di hole 10, 11, dan 12.

Sempat mengamankan par di dua hole berikutnya, De Los Santos kembali mencatatkan tiga birdie dari hole 15, sebelum mencatatkan bogey pertamanya di hole 18, untuk beralih ke sembilan hole keduanya dengan bekal 5-under.

Sayangnya, birdie tak kunjung bertambah. Malahan ia harus menorehkan dua bogey di hole 7 dan 8 sehingga harus puas menuntaskan 18 hole pertamanya dengan torehan 3-under 69. Ia menjadi satu dari 16 pegolf yang mencatatkan skor 69 dan kini sama-sama menghuni peringkat 19.

”Cukup gila juga sih, soalnya saya sempat main bagus di sembilan hole pertama. Putting saya sangat bagus dan kemudian di sembilan hole terakhir, tak satu putt birdie pun masuk dan malah saya mendapatkan dua bogey lagi,” tuturnya. ”Saya pikir saya sedikit kehilangan momentum. Meski demikian, 69 merupakan skor pembuka yang bagus. Saya hanya ingin bermain sebaik mungkin dan menempatkan diri di posisi di mana saya punya peluang untuk menang.”

”Ini masih hari pertama dan saya cuma ingin menikmati permainan saya.” — Yuto Katsuragawa.

Pegolf Selandia Baru Michael Hendry menjadi pegolf internasional dengan torehan terbaik pada putaran pertama tadi. Juara Indonesia Open 2010 ini mengawali ajang Panasonic Open, yang menyediakan total hadiah sebesar ¥100.000.000 atau sekitar Rp10,6 milyar, dengan torehan 4-under 68, yang untuk sementara membuatnya berada di posisi T11. Sempat mengawali dengan bogey di hole 4 dan 5, Hendry menorehkan enam birdie, termasuk tiga birdie berturut-turut dari hole 10.

Yuto Katsuragawa dan Shugo Imahira akan menjadi duo pemuncak klasemen yang bakal dikejar para pesaingnya ketika putaran kedua dimulai besok. Keduanya bermain luar biasa dan sama-sama mencatatkan skor 7-under 65 untuk memegang keunggulan satu stroke atas Keisuke Otawa.

Meski memulai turnamen ini dengan meyakinkan, Katsuragawa masih merasa permainan iron-nya perlu mendapat perhatian lebih. ¥100,000,000Saya tidak terlalu puas dengan beberapa pukulan iron saya karena saya gagal mengantarkan bola mendekati jarak yang saya harapkan,” jelasnya. ”Saya tidak merasa lelah. Ini masih hari pertama dan saya cuma ingin menikmati permainan saya.”

Katsuragawa tengah mengincar tempat pada ajang ZOZO Championship dan berpeluang meraih hak tampil pada satu-satunya ajang PGA TOUR di Jepang itu jika bisa finis dengan meyakinkan pada pekan ini. Pegolf yang kini menempati peringkat kedua peraih hadiah uang terbanyak ini memang hampir pasti menuju Accordia Golf Narashino Country Club untuk ajang bergengsi tersebut. Hanya delapan pegolf teratas, setelah ajang For The Players By The Players yang berhak mengikuti ajang besar yang bakal menyuguhkan total hadiah sebesar US$11 juta itu.

”Saya berniat mengikuti ZOZO Championship dan melakukan debut PGA TOUR saya,” tegas Katsuragawa.