Minimal hadiah sebesar US$5.680 atau sekitar Rp83 juta akan menjadi milik peserta yang menuntaskan 54 hole pada ajang Simone Asia Pacific Pekan ini.

Dalam beberapa hari lagi, ajang Simone Asia Pacific Cup akan melakoni debutnya sebagai salah satu turnamen golf wanita dengan hadiah uang terbesar di Asia Tenggara. Ajang yang mempertandingkan 54 hole ini akan resmi dimulai pada 18-20 Agustus 2022 di Pondok Indah Golf Course. Sebanyak US$750.000 telah disiapkan untuk diperebutkan oleh sebanyak 37 pegolf profesional, dari total 44 pegolf, yang berlaga di Jakarta.

Pihak penyelenggara telah menyiapkan US$500.000 untuk diperebutkan pada nomor individu. Sementara US$250.000 disiapkan sebagai hadiah bagi nomor beregu.

Pada kompetisi individu, sang juara bakal membawa pulang hadiah sebesar US$100.000, sedangkan pemain yang berada di tempat kedua menerima US$57.500.

Dengan jumlah peserta yang terbatas dan tanpa cut-off, pegolf profesional dengan peringkat terbawah masih akan berhak mendapat minimal US$5.680 atau sekitar Rp83 juta, dengan catatan ia bermain penuh selama 54 hole.

Jumlah hadiah ini jelas lebih besar daripada ajang LPGA yang diadakan di Singapura dan Thailand, di mana pemain yang finis di posisi terakhir pada masing-masing turnamen itu biasanya mendapatkan US$3.707 (sekitar Rp54 juta) dan US$4.051 (sekitar Rp59 juta).

 

Diksha Dagar, Simone Asia Pacific Cup.
Diksha Dagar akan mengusung bendera India ketika tampil pada ajang Simone Asia Pacific Cup pekan ini. Foto: LAT Series.

 

Seluruh pemain profesional juga berpeluang mendapat tambahan hadiah lantaran mereka juga turut bertanding untuk nomor beregu. Sebanyak US$250.000 akan dibagikan kepada tim yang berada di jajaran 15 besar. Adapun rincian hadiah untuk tiap posisi akhir akan diumumkan kemudian oleh Asian Golf Leaders Forum (AGLF) yang menjadi pihak penyelenggara ajang ini.

Empat pemenang Major yang total telah menjuarai enam gelar Major dipastikan meningkatkan kualitas persaingan. Pegolf Selandia Baru Lydia Ko akan bersaing dengan duo Korea Kim Hyojoo dan Ryu Soyeon, serta pegolf Jepang Hinako Shibuno.

Sementara sejumlah pegolf elite regional, seperti Jaravee Boonchant dari Thailand, Cassie Porter asal Australia, Diksha Dagar dari India, Shih Cheng-hsuan asal China Taipei, dan pegolf Malaysia Natasha Andrea Oon juga akan berusaha membuktikan kemampuan mereka menghadapi para pegolf tangguh kelas dunia tersebut.

Sedangkan jajaran pemain tuan rumah, yaitu Tatiana Wijaya, Dea Mahendra, Putri Aisyah Amani, dan Ida Ayu Indira Melati Putri juga berniat untuk menguji kemampuan mereka menghadapi para pegolf kaliber dunia pekan ini.

Penyelenggaraan Simone Asia Pacific Cup ini menandakan kehadiran Ladies Asian Tour Series pertama di Jakarta. Turnamen ini juga menjadi turnamen kedua dari Seri ini, setelah DB Group 36th Korea Women’s Open. Turnamen lainnya ialah Hana Bank Group Championship, yang rencananya akan digelar bulan September 2022 dan Hana Financial Group Singapore Women’s Open bulan Desember 2022.