Putaran kedua Mitsui Sumitomo Visa Taiheiyo Masters terpaksa dihentikan akibat kabut tebal yang mendominasi lapangan.

Takahiro Hataji bertahan di puncak klasemen setelah permainan pada putaran kedua ajang Mitsui Sumitomo Visa Taiheiyo Masters terpaksa dihentikan karena kabut tebal. Hataji berbagi puncak klasemen bersama Tatsuya Kodai dan Yujiro Ohori, menjaga keunggulan satu stroke dengan dua hole yang masih harus ia tuntaskan tatkala kabut tebal menyapu dari arah Samudera Pasifik, dan menyelimuti Taiheiyo Club di Shizuoka.

Kali ini Hataji kembali tidak sendirian di posisi teratas. Shugo Imahira dan Taiki Yoshida sama-sama menorehkan skor 7-under.

Bagi Hataji, penundaan seperti ini bisa menjadi berkah tersendiri. Pasalnya ia tengah mengalami kesulitan memainkan sembilan hole terakhirnya, persis ketika sirene dibunyikan pada pukul 14:22 waktu setempat, atau pukul 12:22 WIB.

Ia terpaksa membuang tiga pukulan berkat double bogey di hole 11 dan bogey di hole 15. Sangat kontras dengan permainan cemerlang yang memberinya enam birdie di putaran pertamanya.

Sementara itu, Yoshida menikmati putaran terbaiknya, bermain 6-under dalam 14 hole. Kartu skornya terdiri dari sebuah eagle, lima birdie, dan satu bogey.

Adapun Imahira, yang telah dua kali menjadi pegolf No.1 Japan Golf Tour Organization (JGTO), juga menempatkan dirinya di tengah persaingan setelah main 4-under dalam 15 hole. Ia unggul satu stroke dari pegolf veteran Shingo Katayama, yang sendirian berada di tempat keempat.

Katayama sendiri berhasil melejit ke jajaran atas menyusul permainan tanpa bogey hari ini, serta lima birdie dalam 15 hole. Pegolf yang kini berusia 50 tahun itu mengincar kemenangan ketiganya pada turnamen ini setelah mengangkat trofi pada tahun 2008 dan 2015.

Pegolf Filipina Justin De Los Santos menjadi salah satu dari total 24 pemain yang sukses menuntaskan putaran kedua mereka. Ia mencatatkan skor 69 dan kini ada di posisi T5 dengan total 4-under bersama lima pegolf lainnya, termasuk Song Younghan asal Korea (2-under dalam 17 hole) dan Hideto Tanihara, yang telah dua kali menjuarai ajang ini (2-under dalam 14 hole).

Adapun Ohori harus bermain dengan skor 72 sehingga harus tergelincir ke posisi T15, dengan Kodai harus berjuang keras melanjutkan permainan lantaran sudah mencatatkan 3-over dalam 11 hole.

Dengan daya pandang yang makin terbatas setelah penundaan pertama, penyelenggara akhirnya memutuskan putaran kedua dihentikan pada pukul 15:05 waktu setempat, dengan 61 pemain dijadwalkan melanjutkan putaran kedua mereka pukul 07:15 besok.

Adapun putaran ketiga baru akan dimulai pukul 10:00.