Kevin Caesario Akbar berbagi posisi teratas dengan Andrea Saracino dengan 5-under 67 pada The 2nd Indo Masters Golf Invitational presented by Tunas Niaga Energi.

Upaya Kevin Caesario Akbar untuk menjaga peluangnya meraih kartu Asian Tour untuk musim 2024 tampak membuahkan hasil. Pada putaran pertama The 2nd Indo Masters Golf Invitational presented by Tunas Niaga Energi pegolf yang telah menjuara satu gelar Asian Development Tour (ADT) ini mencatatkan tujuh birdie dengan dua bogey untuk berbagi posisi teratas dengan pegolf Italia Andrea Saracino. Keduanya memegang keunggulna satu stroke dari Ben Robinson dan George Gandranata, yang sama-sama memulai pekan ini dengan torehan 68.

Kevin memulai permainannya dengan meyakinkan, menorehkan empat birdie di sembilan hole pertama, yang ia mulai dari hole 1 di Imperial Klub Golf, Karawaci. Setelah mencatatkan birdie kelimanya dari hole 13, langkahnya sempat tersandung oleh dua bogey di hole 14 dan 15, namun ia berhasil bangkit dan menuntaskan putaran pertama dengan dua birdie di dua hole terakhirnya.

Putaran pertama The 2nd Indo Masters Golf Invitational presented by Tunas Niaga Energi kali ini menempatkan empat wakil Indonesia yang berhasil bermain under dengan dua pegolf Indonesia lainnya bermain even par. Selain Kevin, pegolf Indonesia lainnya yang bermain under ialah Robby Sugara (69), Benita Yuniarto Kasiadi (70), dan Jonathan Wijono (71). Adapun Danny Masrin yang turut mendapat dukungan dari Tunas Niaga Energi dan Bradley Taslim sama-sama mengawali turnamen dengan even par 72.

Setelah sempat gagal lolos cut di Gunung Geulis dua pekan silam, Kevin berhasil menambah pundi-pundinya melalui OB Golf Invitational presented by Sentul Highlands Golf Club pekan lalu dengan finis T28. Meski posisinya pada klasemen Order of Merit ADT harus tergusur ke peringkat 4 dengan koleksi US$23.101. Ia tertinggal US$8.156 dari Yuvraj Singh Sandhu asal India yang menempati posisi teratas, US$3.519,83 dari pegolf Australia Aaron Wilkin, dan US$412,62 dari pegolf Thailand Pattaraphol Khanthacha.

Dengan potensi 2-3 turnamen ADT tersisa untuk musim ini, turnamen yang berlangsung di Karawaci pekan ini menjadi sangat penting bagi Kevin untuk mengukuhkan posisinya di jajaran sepuluh besar Order of Merit ADT. Pasalnya hanya sepuluh pegolf teratas saja yang berhak memenangkan kartu Asian Tour dan berlaga di sirkuit papan atas Asia itu musim 2024.

 

Andrea Saracino, Round 1 The 2nd Indo Masters Golf Invitational presented by Tunas Niaga Energi.
Andrea Saracino asal Italia menegaskan niatnya untuk meniti karier di Asia. Foto: Yulius Martinus/OB Golf.

 

Selain itu, finis di jajaran atas Order of Merit juga akan memberikan status yang lebih baik, sekaligus memberi peluang untuk mengikuti lebih banyak turnamen Asian Tour. Dan penampilannya pada putaran pertama tadi memberi harapan untuk memmperbesar peluangnya itu.

”Putaran yang cukup solid. Saya beruntung di sembilan hole pertama karena bisa memasukkan beberapa putt birdie jarak jauh dan kemudian memasukkan satu birdie dengan chip-in di hole 8, jadi sudah main 4-under dalam sembilan hole.”

Satu hal positif bagi Kevin kali ini ialah performa iron-nya yang kembali prima, khususnya untuk short iron. Ia mengaku kualitas short iron-nya kali ini cukup bagus sehingga memberinya banyak peluang birdie.”

”Bagi saya sembilan hole terakhir agak lebih sulit, jadi saya berusaha menjaga bola agar tetap di fairway. Ada beberapa kesalahan yang saya lakukan karena anginnya berubah arah.

”Beberapa fairway juga cukup sempit, terutama jika Anda bermain pada siang hari ketika angin mulai berubah. Jadi, Anda mesti berusaha meleset di tempat yang tepat.

Saracino, yang merupakan anggota tim nasional Italia kini berniat untuk meraih hasil meyakinkan dalam kariernya di Asia.

”Saya suka di sini. Cuacanya selalu panas, sedang di Italia terkadang terlalu dingin buat saya, tapi saya suka di Asia. Saya suka masyarakatnya, makanannya. Memang saya sudah bermain di Eropa, tapi berharap bisa masuk Asian Tour dan mengikuti Q-School Asian Tour. Saya juga akan bermain di Malaysia dan berharap tahun depan bisa bermain pada ADT atau Asian Tour,” ujarnya.