Langkah awal untuk mengikuti Simone Asia Pacific Cup dimulai dengan kualifikasi dua hari di Pondok Indah Golf Course.

Turnamen kualifikasi bagi para pegolf profesional wanita di Indonesia untuk mengikuti Simone Asia Pacific Cup mulai bergulir Kamis (23/11) ini. Kualifikasi ini akan dilangsungkan dalam dua putaran hingga hari Jumat (24/11).

Asia Golf Leaders Forum (AGLF) dan PGA Tour of Indonesia (PGATI) bekerja sama untuk melangsungkan kualifikasi, yang terbuka untuk profesional dan amatir ini. Tiga pegolf profesional terbaik dan dua pegolf amatir terbaik dalam kualifikasi ini nantinya berhak mengikuti Simone Asia Pacific Cup, yang juga akan diadakan di Pondok Indah Golf Course, pada 21-23 Desember 2023 mendatang.

Selain lima pegolf dari babak kualifikasi ini, akan ada satu pegolf Indonesia yang dinominasikan oleh AGLF. Dengan demikian, keenam pemain ini akan bertanding untuk kompetisi individu dan dibagi lagi menjadi tiga tim untuk kompetisi beregu.

”Simone Asia Pacific Cup merupakan turnamen golf yang sangat istimewa dalam banyak hal.” — Tatiana Wijaya.

Indonesia masih dianggap sebagai wilayah yang belum tereksplorasi untuk urusan golf wanita. Sejauh ini, baru Barbra Mizrahie yang menjadi pegolf kelahiran Indonesia yang bisa berkompetisi secara reguler di kancah LPGA Tour. Pegolf yang sempat menetap di Surabaya sebelum pindah dan tinggal di Amerika itu memulai debut LPGA pada tahun 1987.

AGLF memang tengah mempromosikan golf wanita di wilayah Asia Pasifik secara aktif. Mengingat minimnya jumlah pegolf profesional wanita di Indonesia saat ini, Indonesia jelas menjadi salah satu negara yang mendapat fokus dari AGLF, di mana Simone Asia Pacific Cup yang sudah bergulir sejak 2022 lalu menjadi salah satu peluang untuk menumbuhkan golf wanita di Nusantara.

Tatiana Wijaya, salah satu atlet profesional wanita yang juga tampil pada Simone Asia Pacific Cup tahun lalu, mengungkapkan, ”Simone Asia Pacific Cup merupakan turnamen golf yang sangat istimewa dalam banyak hal. Kami bisa mendapat kesempatan untuk bermain menghadapi para pegolf terbaik di wilayah Asia Pacific di rumah sendiri.”

Kembalinya ajang ini ke Pondok Indah Golf Course bulan depan bisa dibilang menjadi turnamen profesional internasional terakhir di Indonesia tahun 2023 ini. Nantinya sebanyak 58 pegolf dari 16 negara, termasuk negara-negara kuat, seperti Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Filipina akan meramaikan persaingan.

”Kami melihat turnamen kualifikasi ini sebagai kemitraan strategis dengan PGATI dan berharap bisa menjadi batu loncatan untuk mengembangkan golf wanita di Indonesia.” — AGLF.

Beberapa bintang Korea yang akan tampil termasuk Lee Da-yeon, KLPGA Rookie of the Year Kim Min-byul, dan Hwang Youmin. Sementara itu, bintang asal Thailand Atthaya Thitikul, serta bintang asal Jepang Nasa Hataoka akan menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan golf di Indonesia, Eugene Group (dengan Yu Kyung-sun sebagai ketuanya) akan memberikan sumbangan sehingga para pegolf amatir bisa berpartisipasi pada ajang Simone Asia Pacific Cup ini. Para pegolf amatir dengan performa yang menjanjikan nantinya juga akan mendapatkan beasiswa khusus.

”Kami melihat turnamen kualifikasi ini sebagai kemitraan strategis dengan PGATI dan berharap bisa menjadi batu loncatan untuk mengembangkan golf wanita di Indonesia. Bermain bersama para pemain kaliber dunia akan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para pegolf Indonesia dan semoga hal ini bisa memotivasi negara ini untuk kian meningkat dan haus untuk mencapai target-target yang lebih besar lagi,” tutur perwakilan AGLF.