Im Sungjae mempertahankan peluangnya untuk menciptakan kejutan dan menyalip Cameron Smith dan Jon Rahm.

Sebuah putting bernilai eagle dari jarak hampir 14 meter di hole terakhir memastikan Im Sungjae mencatatkan skor 8-under 65 pada putaran ketiga ajang Sentry Tournament of Champions. Permainan mengagumkannya ini ikut memastikan bintang asal Korea itu memiliki peluang untuk menjuarai turnamen eksklusif yang ditujukan bagi para juara PGA TOUR tahun lalu ini.

Skor 65 itu menjadi skor terendah dalam karier pegolf berusia 23 tahun ini ketika bermain di The Plantation Course at Kapalua di Maui. Ia membukukan tujuh birdie, satu bogey, dan menuntaskan hole terakhir dengan eagle.

Im yang mengincar kemenangan ketiganya pada PGA TOUR jelas sadar bahwa ia harus menempuh perjuangan yang tidak mudah untuk mengejar Cameron Smith dan Jon Rahm. Smith kemarin menorehkan skor 64, sedangkan Rahm menyamai rekor lapangan dengan skor 61. Skor mereka justru tidak menunjukkan efek liburan pada permainannya meskipun turnamen ini merupakan turnamen pertama keduanya dalam sepuluh pekan terakhir.

”Saya senang dengan beberapa hole terakhir dan karena bisa mencatatkan skor yang rendah hari ini. Awalnya saya sempat kesulitan, tapi saya berhasil fokus dan bersabar dan kemudian melakukan sejumlah putt yang bagus pada akhirnya,” ujar Im, yang juga memasukkan putt dari jarak jauh, 7,5 meter, untuk birdie di hole 17.

”Eagle di hole 18 itu pastinya membantu saya mempertahankan momentum sampai besok. Saya akan mempertahankannya dan fokus pada permainan.”

 

 

Im jelas bermimpi untuk kembali menciptakan kemenangan dengan menyalip pimpinan klasemen, persis seperti yang ia lakukan pada ajang Shriners Children’s Open di Vegas bulan Oktober 2021 lalu. Kala itu ia tertinggal tiga stroke menjelang putaran final, dan bermain dengan skor 62 pada putaran final untuk meraih kemenangan empat stroke.

Skor yang tercipta di The Plantation Course sepanjang pekan ini memang rendah. Toh hal itu tidak memupus harapan Im untuk menyalip kedua pimpinan klasemen tersebut. Dengan skor total 20-under 199, Im berjarak enam stroke di belakang Smith

”Saya takkan melakukan sesuatu yang berbeda, saya ingin berada pada posisi sekarang dan menjaga rencana permainan saya. Saya tidak akan memikirkan kemenangan (besok). Saya hanya akan menjaga fokus pada swing, irama, dan tempo,” jelas Im, yang kini menghuni peringkat 6 dan 7 untuk kategori Strokes Gained: Putting dan Tee to Green sepanjang 54 hole.

Sementara itu, Juara Masters Hideki Matsuyama menorehkan empat birdie dalam enam hole terakhirnya untuk membukukan skor 5-under 68 dengan skor total 17-under 202. Kini ia berbagi posisi di peringkat 8 bersama Justin Thomas, yang juga menorehkan skor 61.

Bermain bersama Im, yang juga merupakan rekannya dalam Tim International Presidents Cup, Matsuyama harus bersabar hingga hole ke-12 sampai akhirnya meraih birdie pertamanya dan kemudian menambah koleksi birdie lagi di hole 13, 14, 16, dan 17.

”Hasilnya tidak sesuai dengan harapan saya hari ini, tapi semoga saya bisa bermain lebih baik dan memutarbalikkan keadaan,” ujar pemegang tujuh gelar PGA TOUR ini. ”Saya berharap besok bisa mendapat birdie lebih awal dan bermain lebih baik. Saya pikir kalau bisa memukul driver dengan baik dan putting lebih jitu, saya bisa mendapatkan skor yang bagus, semoga saja hal itu terwujud.”