Hyundai merayakan 40 tahun model SONATA dengan menghadirkan pameran dan majalah yang menyoroti warisan Stellar dan Sonata di piknic, di Seoul, Korea.
Hyundai Motor Company meluncurkan kampanye warisan yang menghormati perjalanan bersejarah dua mobil sedan ukuran menengah mereka, Stellar dan Sonata. Kampanye ini menjadi perayaan 40 tahun sedan Sonata. Pameran dan majalah yang mereka hadirkan turut mengeksplorasi hubungan yang tercipta dan ikatan yang tak lekang waktu selama beberapa dasawarsa antara perusahaan otomotif ini dengan para pelanggannya.
Stellar diperkenalkan pada tahun 1983 sebagai mobil penumpang khas mereka setelah model Pony. Kala itu, model ini menandakan peningkatan yang signifikan dalam kebebasan teknologi dalam industri otomotif di Korea.
Dua tahun kemudian model Sonata lahir sebagai versi tercanggih dari Stellar. Tak butuh waktu lama, model ini pun menciptakan warisannya sendiri dengan berkembang hingga generasi ke-8 dan menjadi model dengan volume produksi terpanjang bagi Hyundai.

Data hingga September 2025, total penjualan secara global mencapai sepuluh juta unit sehingga menempatkan Stellar dan Sonata dalam sejarah otomotif sebagai simbol kemajuan, dedikasi, dan kepercayaan.
Sebagai bagian dari kampanye ini, Hyundai mengadakan pameran di piknic, sebuah area pameran yang berlokasi di dekat Taman Namsan, di Seoul. Pameran ini resmi dibuka pada 25 September 2025 lalu dan masih akan terus berlangsung hingga 4 Januari 2026.
Pameran ini menampilkan model Stellar dari tahun 1988, yang telah sepenuhnya direstorasi. Sedan ini juga dikenal dengan sebutan Stellar 88, yang juga menjadi kendaraan resmi untuk Olimpiade Seoul 1988. Model ini ditampilkan bersama bahan-bahan arsip yang menjelaskan evolusinya menjadi Sonata, yang kini menjadi salah satu model yang paling digemari di pasar global.
Selain melalui sedan Stellar 88 yang telah direstorasi itu, pengunjung pameran juga dapat mengalami perjalanan sejarah Hyundai Motor melalui gambar-gambar teknis, katalog-katalog, dan catatan-catatan di belakang layar dari riset dan pengembangannya. Pameran ini sekaligus merayakan relasi tak lekang waktu antara Hyundai Motor dan para pelanggannya melalui kehadiran awal Stellar dan evolusinya menjadi Sonata sebagai batu penjuru reputasi globalnya.

Selain itu, Hyundai Motor juga merilis edisi kedua seri publikasi warisannya, majalah RETRACE. RETRACE Magazine: STELLAR & SONATA memadukan wawasan sejarah dengan kisah-kisah personal para pelanggannya, mengeksplorasi nilai dari relasi sejak lama dalam keseharian.
Dengan 16 artikel asli, termasuk esai, wawancara, dan sejumlah kolomnya, majalah ini mengundang pembaca untuk merefleksikan warisan dan pencapaian teknologi dari kedua mobil sedan ukurang menengah ini, termasuk koneksi emosional yang lebih dalam yang diciptakan kedua kendaraan ini bagi pelanggan selama bertahun-tahun.
Diskusi buku rencananya juga bakal dilangsungkan pada 18 Oktober 2025 di Hyundai Motorstudio, di Seoul untuk lebih menciptakan interaksi dengan audiens.
Selama periode pameran ini sejumlah pernak-pernik eksklusif Stellar dan Sonata juga bisa didapatkan melalui sejumlah Hyundai Motorstudio yang berada di Goyang, Seoul, dan Busan, serta web resmi Hyundai Collection.


