Simone Asia Pacific Cup mewarnai kalender kompetisi di Indonesia dengan format individu dan beregu bagi para pegolf wanita profesional.

Selain mengumumkan penyelenggaraan Mandiri Indonesia Open, Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) turut mengumumkan penyelenggaraan kompetisi profesional wanita berskala internasional, Simone Asia Pacific Cup. Ajang yang menjadi bagian dari Ladies Asian Tour (LAT) Series ini juga akan diselenggarakan di Pondok Indah Golf Course, pada tanggal 18-20 Agustus 2022.

Ajang Simone Asia Pacific Cup ini merupakan turnamen kedua dari jadwal LAT Series pada tahun 2022 ini, menyusul gelaran DB Group 36th Korea Women’s Open pada bulan lalu. Kehadiran turnamen ini sekaligus menandakan untuk pertama kalinya LAT Series menggelar kalender internasional di luar Korea Selatan. LAT Series sendiri telah mengumumkan rencana penyelenggaraan Simone Asia Pacific Cup ini beberapa hari sebelumnya.

”Ladies Asian Tour Series selama ini banyak mempertandingkan turnamennya di Korea. Tahun ini kita bersyukur diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah, dan bersyukur pula Simone menjadi sponsor utama. Inti utama dari LAT Series ini adalah ingin mengangkat para pegolf wanita yang selama ini hampir tenggelam, khususnya di Asia. Oleh karena itu, sebagai tuan rumah, harapannya para pegolf putri Indonesia nantinya bisa tampil pada ajang-ajang internasional,” jelas Wakil Ketua PB PGI Agus Suhartono.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan bahwa format untuk ajang Simone Asia Pacific Cup ini juga akan berbeda daripada biasanya. Indonesia dipastikan akan diwakili oleh keempat pegolf wanita profesionalnya. Selain Tatiana Wijaya, Dea Mahendra, Putri Aisyah Amani, dan Ida Ayu Indira Melati Putri akan membentuk dua tim yang mewakili Indonesia pada 18-20 Agustus 2022 mendatang.

”Tiap negara akan mengirimkan dua pemain sebagai perwakilannya. Kecuali tuan rumah, Indonesia mendapat dua tim atau empat pemain. Pemain-pemain kita ini sudah dimonitor oleh LAT Series dan mereka telah menyampaikan undangannya kepada para pegolf profesional wanita kita. Tentu kita tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada ini untuk memberi pengalaman kepada pemain amatir kita. Oleh karena itu, PGI meminta untuk menambah pemain dan akhirnya disetujui untuk mendapat satu tim lagi, dua pemain.”

Agus menambahkan bahwa pihaknya akan mengumumkan kemudian dua pemain amatir yang bakal diberi spot untuk mengikuti Simone Asia Pacific Cup ini.

Yang menarik ialah bahwa PB PGI juga mengumumkan bahwa Lydia Ko dan Yealimi Noh akan menjadi dua pemain bintang LPGA yang akan ikut meramaikan Simone Asia Pacific Cup. Jika kedua pemain tersebut mengonfirmasi komitmennya, penyelenggaraan ajang ini jelas akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat golf di Indonesia.