Para pegolf amatir kelas dunia membidik kemenangan pada ajang Women’s Amateur Asia-Pacific Championship yang akan digelar di Siam Country Club, Pattaya pada 1-4 Februari mendatang.

Juara bertahan asal Thailand Eila Galitsky dan remaja asal Korea Kim Minsol, yang finis di tempat kedua pada edisi 2023 segera melanjutkan persaingan mereka pada ajang Women’s Amateur Asia-Pacific Championship (WAAP). Kejuaraan yang memasuki penyelenggaraan keenam kalinya ini akan digelar di Waterside Course di Siam Country Club, Pattaya, Thailand mulai 1-4 Februari.

Kim saat ini merupakan pegolf No.4 Dunia menurut World Amateur Golf Ranking (WAGR). Statusnya ini menempatkan remaja berusia 17 tahun ini sebagai pegolf dengan peringkat tertinggi di antara 90 peserta yang akan bersaing menciptakan sejarah baru.

Akan tetapi, Galitsky yang juga merupakan pegolf favorit tuan rumah berniat untuk mempertahankan gelarnya sekaligus menjadi pegolf pertama yang memenangkan ajang ini untuk kedua kalinya.

”Ketika mengikuti WAAP tahun lalu saya tidak mengira punya peluang karena ada banyak pemain hebat, pemain di sepuluh besar dunia, yang bertanding, tapi begitu mulai merasa nyaman, saya mulai berpikir kalau saya mungkin bisa menang,” tutur Galitsky menyingggung kemenangannya di Singapore Island Country Club tahun lalu. ”Dalam putaran latihan saya pikir saya kehilangan tujuh bola, jadi saya fokus untuk berusaha lolos cut. Setelah putaran pertama, saya main 3-under dan ada di lima besar dan berpikir mungkin (penampilan saya) tidak terlalu buruk.

”Pada putaran final, saya tidak merasa unggul besar, meskipun memimpin empat atau lima stroke karena semuanya masih mungkin terjadi.” — Eila Galitsky.

”Pada putaran final, saya tidak merasa unggul besar, meskipun memimpin empat atau lima stroke karena semuanya masih mungkin terjadi. Rasanya masih belum yakin sampai saya melakukan pukulan kedua di par 5 (hole 18) ketika bola saya mendarat di green. Minsol, yang ada di tempat kedua, mengejar saya dan bolanya masuk air dan saya pikir, ’Hei, saya bisa menang,’ dan saya melakukan dua putt untuk birdie.

”Setelah memasukkan putt kemenangan itu, saya baru bisa merasa lega. Tekanan yang saya rasakan menuju hari terakhir rasanya belum pernah saya rasakan sebelumnya. Terasa sangat berat, tapi saya hanya berusaha main golf dan menikmati permainan.”

Setidaknya, sembilan pegolf dari jajaran 50 besar dunia dan 19 dari 100 besar pada WAGR (per 17 Januari) akan mengikuti kejuaraan ini. Dengan hak bertanding untuk mengikuti AIG Women’s Open di St Andrews, Amundi Evian Championship di Perancis, dan Chevron Championship di Amerika Serikat bagi pemenangnya, WAAP jelas bakal memberikan pengalaman yang akan mengubah kehidupan pemenangnya.

Selain itu, sang pemenang juga mendapat undangan untuk mengikuti turnamen elite lain, seperti Hana Financial Group Championship, ISPS HANDA Women’s Australian open, 121st Women’s Amateur Championship, dan Augusta National Women’s Amateur.

 

Kim Minsol, Women’s Amateur Asia-Pacific 2024.
Pegolf No.4 DUnia Kim Minsol asal Korea menjadi pegolf dengan peringkat WAGR tertinggi yang mengikuti Women’s Amateur Asia-Pacific 2024. Foto: The R&A.

 

Galitsky jelas mengalami semua kesempatan istimewa yang ia raih setelah menjuarai kejuaraan ini tahun lalu. ”WAAP jelas merupakan salah satu ajang terbesar di Asia untuk para pegolf amatir. Peluang yang sungguh besar bagi pemenangnya untuk bermain dalam kejuaraan Major dan turnamen-turnamen pro lainnya,” ujarnya.

”Saya belum pernah bermain dalam ajang LPGA sebelum menjuarai WAAP. Bisa langsung mengikuti ajang Major sungguh membuat saya gugup. Pada AIG Women’s Open saya bermain dengan Ariya (Jutanugarn), yang merupakan idola saya sejak lama. Melihatnya bermain langsung dan pukulannya membuat saya sangat terkesan.”

Selain Kim dan Galitsky, pesaing kuat lainnya termasuk kuintet Jepang Hinano Muguruma (No.21 pada WAGR), Sayaka Teraoka (23), Saori Iijima (26), Mamika Shinci (52), dan Rin Yoshida (50). Ada juga pegolf Korea lainnya Oh Soomin (49) dan Avani Prashanth (39) dari India.

Lebih dari sepertiga peserta pada edisi kali ini kembali ke Waterside Course, mengingat lapangan ini juga menjadi tuan rumah WAAP pada edisi keempat. Termasuklah di antaranya wakil Indonesia Elaine Widjaja, Sania Talita Wahyudi, dan Kristina Natalia Yoko. Sementara satu wakil Indonesia lainnya, Thea Jessica Tan akan melakoni debutnya pada kejuaraan bergengsi ini.