Dua pegolf wanita dan dua pegolf pria kini berbagi puncak klasemen menuju babak akhir Scandinavian Mixed Hosted by Henrik & Annika.

Gelaran perdana ajang campuran Scandinavian Mixed Hosted by Henrik & Annika bakal menyuguhkan putaran pamungkas yang menarik. Pasalnya empat pemuncak klasemen saat ini mewakili dua Tour utama yang menyokong ajang ini. Pimpinan klasemen putaran kedua Caroline Hedwall dan Alice Hewson mewakili Ladies European Tour, sedangkan Jason Scrivener dan Rhys Enoch dari European Tour kini berbapi posisi teratas dengan torehan 12-under 204.

Pekan ini dimulai dengan mempertemukan 78 pegolf pria dan 78 pegolf wanita, bersaing di lapangan yang sama untuk trofi yang sama. Dengan sisa 18 hole lagi, keempatnya jelas mendapat kehormatan tersendiri untuk bersaing masing-masing meraih kemenangan dan menuliskan catatan sejarah baru.

Pegolf favorit tuan rumah Hedwall, memulai putaran ketiga dengan keunggulan satu stroke. Setidaknya hingga dua kali ia menambah keunggulan tersebut, meskipun sempat mendapat dua bogey berturut-turut di dua hole pertamanya. Sayangnya, double bogey di hole 17 turut menambah kemungkinan lain pada putaran final besok (13/6).

”Luar biasa sulit. Saya nyaris kaget melihat bagaimana tiupan angin membuat pukulan tee pertama saya terhenti, tapi saya pikir saya segera menyesuaikan diri dengan baik dan memainkan permainna yang baik. Sayangnya, pada akhirnya saya tidak cukup bagus memasukkan bola,” tutur Hedwall.

Putaran ketiga ini memang sangat berat, mengingat angin mulai lebih dominan. Tidak mengherankan juga jika kemudian banyak pemain yang kesulitan untuk bermain dengan skor rendah. Joost Luiten, yang memulai putaran ketiga satu stroke di belakang Hedwall harus mencatatkan skor 78, sementara remaja asal Slovenia Pia Babnik harus berjibaku untuk menorehkan skor 81.

 

 

”Saya tidak merasa tekanan apa pun. Kondisinya memang berat dan segala sesuatu bisa terjadi,” tegas Hedwall, yang berpeluang menjuarai sebuah ajang yang disokong European Tour. ”Saya pikir saya menanganinya dengna sangat baik, mengalami awal permainan yang buruk, tapi saya bangkit dan merasa bangga pada diri sendiri. Saya cukup senang, skor 73 bukan skor yang buruk untuk kondisi demikian.”

Pegolf Inggris Hewson, juga berpeluang menciptakan sejarah dengan menjadi salah satu pemain di posisi teratas. Pemegang satu gelar Ladies European Tour ini bermain 1-over di sembilan hole pertamanya, namun menorehkan empat birdie, termasuk tiga birdie berturut-turut dari hole 15.

”Sangat menyenangkan di lapangan! Kondisinya benar-benar sulit, angin berembus sepanjang hari dan saya terlambat panas, jadi saya sangat senang,” ujar Hewson. ”Dalam kondisi berangin seperti ini sangat mudah berfokus pada hal-hal yang negatif, entah pantulan yang buruk atau angin yang mengubah jalur bola. Itu fokus terbesar saya hari ini, saya benar-benar menikmatinya dan bermain bersama kaum pria juga luar biasa menyenangkan dan mereka membuat saya merasa sangat disambut!”

Sempat bermain lebih awal, Scrivener dan Enoch benar-benar memanfaatkan kondisi yang sedikit lebih tenang. Keduanya sama-sama menorehkan skor 66 dan menikmati berada di posisi teratas, sebelum Hedwall dan Hewson meramaikan persaingan.

 

Jason Scrivener memanfaatkan start lebih awal untuk menorehkan skor 66 dan menjadi salah satu pimpinan klasemen. Foto: Getty Images.

 

”Sejujurnya, pada awal hari ini saya bakal menerima bermain even par, tapi saya mengawalinya dengan sangat baik,” ujar pegolf Australia, Scrivener. ”Saya pikir saya menikmati kesempatan ini, saya menyukai lapangannya dan mulai bisa mengatasinya. Saya mesti tetap agresif … rasanya permainan saya cukup tajam.

”Benar-benar keren bisa bersaing dengan kaum wanita ini dan semoga kaum pria bisa memenangkannya.”

Sementara itu, pegolf Wales Enoch mengaku sempat membayangkan angka enam sampai akhirnya menuntaskan putaran ketiga ini dengan skor 66. ”Tapi sudah jelas saya tidak tahu betapa kondisinya bakal berangin dan ketika kami sampai di hole 10 pagi ini, saya hanya berpikir untuk terus mendapat par dan mempertahankan posisi di turnamen ini,” ujarnya.

Dengan kondisi papan klasemen saat ini, putaran final bakal menampilkan drama yang menarik. Mungkin penyelenggara menyiapkan lapangan sehingga layak menjadi panggung yang seimbang bagi para pegolf yang bertanding.

”Luar biasa sekali, dua pria dan dua wanita di posisi teratas. Mereka (penyelenggara) jelas menyiapkannya dengan sangat baik bagi kami. Saya tak sabar menantikan hari esok, saya pikir putaran final bakalan menjadi hari yang menyenangkan dan seru,” ujar Hedwall.