Masyarakat golf di Indonesia bisa menikmati festival golf Agustus mulai besok (4/8) dengan turnamen skala regional dan internasional mewarnai hampir tiap pekan.

Para penggemar golf Indonesia, bersiaplah! Bulan ini akan menjadi bulan festival golf bagi Anda semua! Mulai pekan pertama Agustus ini Anda akan disuguhi turnamen berskala internasional dan regional setiap pekannya.

Bagi Anda yang mengenal golf akibat pandemi, kehadiran turnamen-turnamen berikut ini jelas akan menjadi sangat berharga dan pantang untuk dilewati! Pasalnya, golf menjadi salah satu olahraga yang memberi kesempatan untuk menyaksikan para pemain kelas dunia dan belajar dari cara mereka bermain di lapangan.

Turnamen-turnamen apa dan di mana saja akan diadakan? Apa yang bisa kita harapkan dari suguhan kelas dunia ini?

 

Miguel Carballo, Juara Indonesia Open 2019.
Mandiri Indonesia Open, 4-7 Agustus membuka festival golf bulan ini. Foto: Asian Tour.

 

Mandiri Indonesia Open
Festival golf Agustus ini dimulai dengan gelaran Mandiri Indonesia Open di Pondok Indah Golf Course. Kembalinya kejuaraan golf terbuka ini setelah absen dua tahun menjadi terasa sangat istimewa, bukan hanya karena ajang ini kembali ke kalender Asian Tour, melainkan juga karena para pegolf Indonesia kembali berkesempatan bertanding dalam konteks kompetisi berlevel tinggi.

Gelaran OB Golf Invitational dan Indo Masters Invitational presented by TNE dalam dua bulan lalu seakan menjadi pengantar yang mempersiapkan jajaran pegolf profesional Indonesia untuk ajang yang berlangsung pekan ini.

Penampilan pemain Indonesia pada kedua ajang Asian Development Tour tersebut sebenarnya bisa dibilang mengejutkan. Ketika Naraajie Emerald Ramadhan Putra memenangkan OB Golf Invitational, ada 19 pegolf Indonesia yang lolos cut, dan 3 di antaranya juga berada di jajaran 15 besar—Jonathan Wijono (2), Rory Hie (T12), dan Benita Kasiadi (T15).

Sepekan kemudian, 16 pemain berhasil melangkah ke dua putaran terakhir, 5 di antaranya berada di jajaran 25 besar—Danny Masrin (T8), Elki Kow (T10), Benita (T16), Naraajie (T19), Almay Rayhan Yagutah (T24).

Hasil ini terbilang membanggakan lantaran kompetisi lokal sebenarnya bisa dibilang terlalu sedikit untuk menjadi arena kompetisi.

Namun, golf adalah olahraga yang sulit diprediksi. Kapan pun pemain kita mendapatkan momentumnya, saat itu pula ia bisa tampil dengan solid. Dari 36 pegolf Indonesia yang bertanding pekan ini, 26 di antaranya adalah profesional dan 10 di antaranya adalah amatir. Pastikan Anda hadir dan menjadi saksi sejarah berikutnya. Pastikan pula Anda dalam kondisi yang prima dan memindai Peduli Lindungi saat memasuki Pondok Indah Golf Course. Tee pertama dilakukan mulai pukul 06:20.

Lokasi: Pondok Indah Golf Course, Jakarta
Tanggal: 4-7 Agustus 2022
Badan yang mengakui: Asian Tour, Persatuan Golf Indonesia, dan PGA Tour of Indonesia

 

George Gandranata, Gunung Geulis Invitational pres. by Nomura 2019.
Gunung Geulis Invitational presented by Nomura kembali dipastikan bergulir pada 16-19 Agustus. Foto: OB Golf.

 

Gunung Geulis Invitational presented by Nomura
Jeda sepekan dari Mandiri Indonesia Open, para pegolf Indonesia kembali diberi tantangan dari panggung Asian Development Tour pada 16-19 Agustus. Gunung Geulis Golf & Country Club mungkin tidak terlalu mengakomodasi penonton lantaran konturnya yang berat, namun bukan berarti Anda tidak bisa menikmati aksi para pegolf elite Indonesia.

Perubahan latar dari lapangan di perkotaan ke lapangan pegunungan jelas akan menghadirkan narasi penuh drama yang menarik. Para pemain tidak hanya harus mempersiapkan aspek teknis, tapi juga fisik untuk bisa tampil prima pada ajang yang memperebutkan US$100.000 ini.

Seperti halnya OB Golf Invitational dan Indo Masters presented by TNE, ajang ini menjadi ajang yang tak kalah pentingnya. Turnamen-turnamen strata kedua seperti ini menjadi panggung ideal untuk mendapatkan poin pada Official World Golf Ranking. Selain itu, penyelenggaraan Gunung Geulis Invitational presented by Nomura yang berkenan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia ke-77 bisa memberi motivasi ekstra bagi para pegolf kita.

Pegolf Jepang Naoki Sekito secara mengagumkan tampil dominan dan pulang dengan kemenangan 22-under 258, 11 stroke lebih baik daripada pemain di tempat kedua. Apakah kali ini akan ada pemain sedominan itu?

Lokasi: Gunung Geulis Golf & Country Club, Bogor
Tanggal: 16-19 Agustus 2022
Badan yang mengakui: Asian Development Tour dan PGA Tour of Indonesia

 

Lydia Ko, Simone Asia Pacific Cup.
Kehadiran Lydia Ko untuk gelaran perdana Simone Asia Pacific Cup akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat golf Indonesia. Foto: LAT/KLPGA.

 

Simone Asia Pacific Cup
Untuk pertama kalinya setelah satu dasawarsa, panggung golf profesional wanita akhirnya kembali hadir di Indonesia. Meskipun ajang ini bukan diprakarsai oleh tuan rumah, Simone Asia Pacific Cup menjadi kesempatan istimewa bagi Indonesia untuk tidak hanya melihat perwakilannya bertanding, tapi juga menyaksikan permainan para bintang golf dunia.

Ajang Ladies Asian Tour Series ini membawa nama-nama besar pemenang Major wanita, seperti Lydia Ko, Kim Hyojoo, Ryu Soyeon, dan Hinako Shibuno. Komitmen sirkuit yang dihadirkan oleh Asia Pacific Golf Platform ini berhasil membawa sejumlah pemain terbaik Asia Pasifik untuk memberi pertandingan bagi Tatiana Wijaya, Dea Mahendra, Putri Aisyah Amani, dan Ida Ayu Indira Melati Putri.

Mereka akan bertanding di Pondok Indah Golf Course dua pekan setelah gelaran Mandiri Indonesia Open dalam turnamen 54 hole, dan memperebutkan US$500.000 untuk kompetisi individu, serta US$250.000 untuk kompetisi beregu.

Lokasi: Pondok Indah Golf Course, Jakarta
Tanggal: 18-20 Agustus 2022
Badan yang mengakui: Ladies Asian Tour dan Persatuan Golf Indonesia

 

BNI Ciputra Golfpreneur Tournament 2022
(Ki-ka) Ketua PGATI Agus Triyono, Direktur DIG S. Christine Wiradinata, Corporate Secretary BNI Mucharom, Ketua Dewan Pembina CGF Budiarsa Sastrawinata, dan Ketua Asian Tour Jimmy Masrin mengumumkan kembalinya BNI Ciputra Golfpreneur Tournament ke kalender ADT. Foto: GolfinStyle.

 

BNI Ciputra Golfpreneur Tournament
Turnamen garapan Ciputra Golfpreneur Foundation ini kembali hadir dalam jadwal Asian Development Tour tahun ini. Untuk pertama kalinya pula ajang ini memiliki sponsor utama. Komitmen BNI untuk tiga penyelenggaraan ke depan, sejauh ini, mempertahankan status turnamen ini sebagai turnamen Asian Development Tour dengan hadiah uang terbanyak di Indonesia, yaitu US$110.000.

Dua pemenang BNI Ciputra Golfpreneur Tournament terdahulu turut melambungkan karier golf masing-masing melalui ajang ini. Miguel Carballo kemudian menjuarai Indonesia Open 2019 setelah setahun sebelumnya memenangkan ajang ini. Sementara kemenangan Kim Joohyung pada ajang ini merupakan gelar kedua dari tiga gelar Asian Development Tour yang ia raih dalam tahun yang sama, yang praktis memberinya kartu Asian Tour. Kini ia mengejar impiannya pada PGA TOUR.

Adapun prestasi terbaik Indonesia terjadi tahun 2014 ketika William Sjaichudin yang baru beralih pro kala itu finis T2.

Kemenangan Naraajie pada OB Golf Invitational, yang juga digelar di Damai Indah Golf BSD Course memberi harapan bahwa pemain tuan rumah bisa kembali bersinar.

Sementara sahabat Naraajie, Kevin Caesario Akbar, yang juga merupakan atlet Ciputra Golfpreneur Foundation berniat untuk mengikuti jejak Naraajie.

”Almarhum Pak Ciputra sangat berjasa dalam perkembangan golf saya. … Oleh karena itulah saya pasti akan melakukan yang terbaik pada ajang ini,” ujar Kevin.

BNI Ciputra Golfpreneur Tournament, yang digelar di Damai Indah Golf BSD Course pada 24-27 Agustus ini juga terbuka untuk umum.

Lokasi: Damai Indah Golf BSD Course, Tangerang
Tanggal: 24-27 Agustus 2022
Badan yang mengakui: Asian Development Tour dan PGA Tour of Indonesia