Aktor ternama Korea Song Joongki kini resmi menjadi Duta Pengembangan Golf Global R&A.

Guna menambah kesadaran masyarakat global terhadap dampak positif dari bermain golf, sekaligus menginspirasi audiens baru, The R&A baru-baru ini menunjuk aktor kenamaan asal Korea Selatan, Song Joongki sebagai Duta Pengembangan Golf Global.

Aktor berusia 39 tahun ini telah memenangkan berbagai penghargaan. Ia, di antaranya, terkenal berkat perannya dalam beberapa drama seri, seperti Reborn Rich, Vincenzo, dan Descendants of the Sun. Ia juga menjadi ikon busana yang terkenal serta pencinta olahraga aktif. Popularitasnya  memang sangat tinggi. Saat ini ia memiliki lebih dari 12 juta pengikut di media sosial. Kini ia akan memanfaatkan wadah bagi para penggemarnya itu untuk memberi sumbangsih bagi golf.

”Golf merupakan olahraga yang bisa dinikmati oleh semua orang dari berbagai lapisan usia. Saya terkesan oleh visi dan nilai yang diusung The R&A dan merasa terhormat untuk bisa mendorong lebih banyak orang untuk mengalami olahraga golf dan manfaat-manfaatnya lewat kemitraan ini,” tutur Song.

 

Song Joongki, Global Golf Development Ambassador.
Aktor ternama Song Joongki memiliki lebih dari 12 juta pengikut pada media sosial. Foto: The R&A.

 

Song sendiri memiliki minat yang kuat untuk mendukung generasi muda. Ia yakin kekuatan olahraga, khususnya golf, bisa menciptakan dampak yang signifikan bagi banyak kalangan. Melalui tugas yang ia emban, ia berharap bisa mendorong aspirasi generasi muda untuk mencoba olahraga golf.

Song juga akan tampil mewakili The R&A pada ajang HSBC Women’s World Championship Business Forum yang akan digelar pekan depan di Singapura. Lewat kegiatan tersebut ia akan membagikan hasratnya bagi olahraga ini dan keinginannya untuk menjadikan golf agar lebih inklusif dan mudah diakses.

Golf di korea terus bertumbuh dengan data partisipasi yang dirilis oleh The R&A tahun lalu menunjukkan Korea Selatan sebagai wilayah dengan partisipasi tertinggi kedua di dunia (di luar Amerika Serikat dan Meksiko) dengan 8,7 juta pegolf dewasa.

”Kami berharap melalui perannya sebagai duta, Song bisa membantu kami meningkatkan kesadaran terhadap manfaat bermain golf dan menginspirasi para penggemarnya untuk mencoba bermain golf untuk pertama kalinya.” — Phil Anderton, Chief Development Officer The R&A.

Data dari tahun 2024 itu menunjukkan peningkatan popularitas golf di kalangan anak-anak, dengan penambahan sekitar 200.000 generasi muda golf ketimbang setahun sebelumnya. Golf juga kian populer di kalangan wanita di Korea Selatan. Persentase golf wanita yang terdaftar di negara itu berkisar 45% dari total pegolf, yang secara signifikan 30% lebih tinggi secara global.

Chief Development Officer The R&A Phil Anderton menyampaikan, ”Secara global golf telah mengalami peningkatan partisipasi dengan Republik Korea sebagai salah satu pasar terbesar di dunia. Song menjadi salah satu dari 8,7 juta masyarakat Korea Selatan yang senang bermain golf dan ia menjadi penasihat yang luar biasa bagi olahraga ini. Kami berharap melalui perannya sebagai duta, Song bisa membantu kami meningkatkan kesadaran terhadap manfaat bermain golf dan menginspirasi para penggemarnya untuk mencoba bermain golf untuk pertama kalinya.”

Kehadiran Song ini turut melengkapi lini duta global, termasuk aktris Kathryn Newton, juara Major Michelle Wie West, bintang sepakbola Garth Bale, dan sensasi musik Niall Horan, yang juga menjadi Duta Pengembangan Golf Global dari The R&A. Mereka ini akan memanfaatkan pengaruh masing-masing di dunia olahraga dan hiburan untuk memperluas daya tarik dan citra golf.